Sabtu, 13 September 2014

CONTOH SOAL SISTEM HIDROLIK

Sistem Hidrolik

Soal:
      1.      Jelaskan/sebutkan bunyi Hukum Pascal !
      2.      Sistem Hidrolik didukung 3 unit komponen utama, sebut dan jelaskan fungsinya!
      3.      Sebutkan macam-macam Katup Pengarah Khusus dan jelaskan fungsinya!
      4.      Sebutkan 4 macam Flow Control Valve, jelaskan fungsinya!
      5.      Sebutkan penggunaan pesawat Hidrolik di bidang Industri, Pelayaran, Kendaraan, Dan bidang
            Penerbangan!
      6.      Sebutkan keuntungan Penggerak Hidrolik!
      7.      Jelaskan perbedaan Hydrostatis dan Hydrodinamis!
      8.      Sebutkan fungsi Cairan Hidrolik pada Pesawat Hidrolik!
      9.      Sebutkan macam-macam Cairan Hidrolik!

Jawaban:
      1.      Bunyi Hukum Pascal : "Tekanan yang diberikan pada Zat Cair/Hidrolik dalam bejana tertutup, besarnya tekanan akan diteruskan kesegalal arah dengan Tekanan sama besar"
Penjelasan : Jika kedua silinder sama ukurannya lalu sebuah gaya bekerja pada silinder utama, akan menyebabkan piston pada silinder kedua mendapat gaya yang sama, maka kedua piston bergerak pada       jarak yang sama

      2.      3 komponen pendukung sistem hidrolik beserta fungsinya:
a.       Unit Tenaga    : berfungsi sebagai sumber tenaga dengan liquid/minyak hidrolik
b.      Unit Penggerak: berfungsi untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanik
c.       Unit Pengatur  : berfungsi sebagai pengatur gerak sistem hidrolik

     3.      Macam-macam Katup Pengarah Khusus:
a.       Check Valve adalah katup satu arah, berfungsi sebagai pengarah aliran dan juga sebagai pressure control (pengontrol tekanan)
b.      Pilot Operated Check Valve, katup ini dirancang untuk aliran cairan hidrolik yang dapat mengalir bebas pada satu arah dan menuju pada arah lawannya, kecuali ada tekanan cairan yang dapat membukanya
c.       Katup Pengatur Tekanan, tekanan cairan hidrolik diatur untuk berbagai tujuan misalnya untuk membatasi tekanan operasional dalam sisitem hidrolik, untuk mengatur tekanan agar penggerak hidrolik dapat bekerja secara berurutan dan untuk mengurangi tekanan yang mengalir dalam saluran tertentu menjadi kecil
d.      Flow Control Valve, katup ini digunakan untuk mengatur volume aliran yang berarti mengatur kecepatan gerak actuator (piston)

      4.      4 macam Flow Control Valve :
a.    Fixed Flow Control, yaitu apabila pengaturan aliran tidak dapat berubah-ubah yaitu melalui fixed orifice
b.    Variable Flow Control, yaitu apabila pengaturan aliran dapat berubah-ubah sesuai keperluan
c.    Flow Control yna dilengkapi dengan check valve
d.   Flow Control yang dilengkapi dengan relief valve guna menyeimbangkan tekanan

      5.      Penggunaan Pesawat Hidrolik
A. Dibidang Industri                                       C. Dibidang Kendaraan
- Alat press                                                      - Buldozer
- Mesin pencetak plastik                                  - Tractor
- Mesin pencetak logam                                  - Car lift
- Pesawat angkat (lift, catrol, dsb)                  - Dup truck
- Robot                                                                        - Komponen-komponen kendaraan
B. Dibidang Pelayaran                                    D. Dibidang Penerbangan
- Kemudi kapal                                                - Penggerak alat-alat kontrol
- Pengontrol propeller                                      - Penggerak roda
- Stabilizer                                                       - Pengangkat peralatan
- Penggerak katup
- Pembuka/penutup pintu

      6.      Keuntungan Penggerak Hidrolik
1)        Tenaga besar, dimensi peralatan yang kecil
2)        Kecepatan gerak yang dapat diatur (bervariasi)
3)        Mudah diubah arah gerakannya
4)        Pencegahan beban lebih yang sederhana konstruksinya (relief valve)
5)        Mudah dihentikan tanpa merusak

      7.      Perbedaan Hydrostatis dengan Hydrodinamis
a.    Hydrostatis adalah pesawat hidrolik yang menggunakan sifat zat cair yaitu dapat meneruskan tenaga/daya kesegala arah
contoh : Dongkrak hidrolis, penggerak mesin gerinda, rem hidrolik, dll
b.    Hydrodinamis adalah pesawat hidrolik yang menggunakan potensi zat cair yang bergerak sehingga memiliki/menimbulkan tenaga kinetil
contoh : Turbin air, Pembangkit listrik

      8.      Fungsi cairan hidrolik
a)    Sebagai medium penerus daya, dan mudah mengalir
b)   Mampu melumasi semua komponen yang bergerak
c)    Perapat antara bagian yang menerima tekanan
d)   Mendinginkan komponen-komponen karena sirkulasinya

       9.      Macam-macam cairan hidrolik
1)      Oli
Digunakan pesawat hidrolik pada umumnya, keburukannya adalah : dapat terbakar dan merusakan karet seal
2)      Cairan hidrolik tahan api :
- Air Glycol            : terdiri dari 35%~40% air, glycol dan oli air yang dilarutkan, juga disertakan bahan tambah untuk mencegah busa, karat, dll
- Emulasi oli~air : larutan oli~air dengan perbandingan sesuai keperluan juga disertakan bahan tambah untuk peningkatan kualitas
- Cairan Syntetis : Cairan Syntetis dibuat dari bahan-bahan yang diproses secara kimia jenisnya antara lain Phosphate eters, Chlomiated, dll


ARTI KODE PADA PELUMAS

       1.      SAE (Society Automotive Engineers)
Ø  SAE IS -> untuk suhu kondisi dingin
Ø  SAE SO (Synthetic Oil) -> untuk kondisi panas
Ø  SAE 20W-50 -> Oli memiliki kemampuan distarter pada suhu (-10°C)-(-20°C) dan oli itu memiliki kekentalan 50 hingga suhu 150°C
       2.      API Service (American Petroleum Institute)
       3.      DOT (Department Of Transportation)
Ø  DOT-3 -> Minimal titik didih 205°C
       4.      NLGI (National Lubricant Grease Institute)
Ø  NLGI # 2 -> Tingkatan angka merupakan specifikasi indeks yang tetap
       5.      Kode :
·         S : Pelumas untuk mesin bensin
·         C : Pelumas untuk mesin diesel
·         J : Pelumas untuk jenis kendaraan produksi tahun 1996-2001
·         G : Pelumas untuk jenis kendaraan produksi tahun 1980-1996


CATATAN TAMBAHAN
  v  Coating Material
adalah material yang terdiri dari adhesive, sealant, dan lubricant yang digunakan untuk proses assembly kommponen yang pemakaiannya dengan cara dioleskan
·         Adhesive : bahan perekat yang digunakan untuk merekatkan dua material agar terikat dengan kuat (misalnya: kekencangan bolt pada shaft yang berputar) dengan beban getaran yang sangat kuat agar ikatan bolt tidak mudah lepas
·         Sealant : suatu bahan yang digunakan untuk merapatkan atau menutup celah antara dua benda yang ditempelkan, untuk mencegah terjadinya kebocoran fluida atau gas
·         Lubricant : berfungsi untuk melumasi dua benda yang bergesekan agar tidak terjadi keausan atau jammet (macet) karena karat

2 komentar:

  1. Sangat Membantu sekali nih,terima kasih banyak 👍👍👍👍

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
    Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus